———–

Jika aku masih bisa berdiri
Bukan karena aku cukup tegar
Hanya saja,
Aku berusaha menegakkan jiwaku yang telah jatuh
Sendu ini tak perlu kubagi
Biar ku nikmati sendiri,,
Tanpa perlu kau tahu
Tanpa perlu yang lain tahu
Sesakit hatiku…
Sesak nafasku….
Bimbang fikirku…
Ini milikku
Ini diriku,,saat ini

Iklan

BeRsama rInDuKU padaMU

di saat aku teraniaya dalam malam..
tangis tak mampu lagi ku tutupi
dan diriMu lah yang akhirnya menyadarkan aku…

“tiada yang lebih indah selain kesendirian, di saat aku merindukanMU”

jika aku bertanya,
dirimulah yang slalu bisa menjawabnya,,,
dan Kau titipkan jawaban itu dalam hatiku…
dalam nafasku
dalam jiwaku

kekalutanku….
kesedihanku….
keganaranku….
tak ada artinya,
jika nantinya hanya diriMulah yang nantinya kan ku tuju

dirimu pasti tahu…
aku slalu merindukanMU
SELAMANYA
————————————

JOGJA….JOGJA,,,,Tetap Istimewa

Yogyakarta mulai terkoyak, masyarakat merasa terkoyak dan bereaksi atas pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (26 November 2010), “Nilai-nilai demokrasi tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, tidak boleh ada sistem monarki yang bertabrakan dengan konstitusi mau pun nilai-nilai demokrasi”. Pernyataan presiden ini menyiratkan bahwa sistem pemerintahan yang berjalan di Yogyakarta selama ini bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi, oleh karena itu perlu di rubah. Titik permasalahannya adalah penetapan gubernur dan wakil gubernur yang selama ini sudah ditetapkan diduduki oleh Sultan dan Pakualam, dan harus diluruskan sesuai asas demokrasi yaitu pemilihan. Hal inilah yang menjadi masyarakat Yogyakarta geram. Belum selesai permasalahan pasca becana erupsi Merapi, ditambah dengan pernyataan presiden yang kurang memperhatikan psikologis masyarakat Yogyakarta. Kasus ini mengancam status keistimewaan Yogyakarta.

Padahal pengakuan keistimewaan Yogyakarta telah diperoleh sesaat setelah Indonesia merdeka dan diperoleh bukan secara cuma-Cuma. Kekhasan yang dimiliki Yogyakarta karena kontribusi Yogyakarta dalam mendirikan dan menjaga eksistensi NKRI dan Yogyakarta yang secara simbolik dan aktual mengisi visi ke-Indonesia-an secara lebih. Menurut sejarah berdirinya daerah Yogyakarta sebagai bagian dari NKRI, secara de facto berdasarkan atas konsensus politik antara Sultan Hamengkubuwana IX dengan Adipati Ario Pakualam dalam sebuah Piagam kedudukan Sultan HB IX dan Adipati Ario Pakualam (tertanggal 19 Agustus 1945) yang isinya persiden mempercayakan kedudukan keduanya untuk menjaga keutuhan dan keselamatan masyarakat Yogyakarta sebagai bagian dari NKRI, dan piagam tersebut ditandatangai oleh Presiden Soekarno pada tanggal 6 September 1945. Sedangkan secara de jure tertuang dalam UU No. 3 tahun 1950 ( 3 Maret 1950) yang isinya perhormatan komitmen Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap NKRI. Perundangan paling baru yaitu UU No. 32 tahun 2008 pasal 2 ayat 8.

Baca lebih lanjut

Gayus, Kancil di Ladang Buaya

“Hari gini tidak bayar pajak? APA KATA DUNIA?”. Kalimat ini sering kita dengar dari media elektronik setiap harinya, itulah himbauan dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia bagi para wajib pajak untuk membayar pajak sesuai dengan ketentuan dan tertib.  Alasannya sangat klasik yaitu karena  pembangunan bangsa sebagian besar berasal dari pemasukan pajak. Lalu apa lagi kata dunia, ketika uang-uang dari para wajib pajak itu justru masuk ke kantong seorang karyawan Dirjen Pajak, Gayus Holomoan Tambunan? Tentu saja para wajib pajak yang selama ini telah membayar pajak secara tertib merasa dikhianati.

Kasus Gayus mulai muncul ke permukaan ketika dirinya didapati memiliki kekayaan yang melebihi karyawan dengan golongan di atasnya, sementara golongan Gayus saat ini pegawai golongan IIIA. Tentu saja secara kuantitas gaji di bawah pegawai di atasnya. Lalu ternyata kekayaan Gayus yang melimpah itu bersala dari tindakan tak terpuji yaitu mengorupsi uang pajak. Alhasil, gayus pun digiring ke markas polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Baca lebih lanjut

Sosiologi,,Memahami dan Memberi Solusi

Pemikiran-pemikiran sosiologi dapat dikatakan telah ada semenjak zaman alam pikiran Yunani. Namun, usaha untuk membangunnya untuk menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri barulah pada zaman Auguste Comte. Walaupun memang baru terealisasikan pada zaman Emile Durkheim.

Sosiologi merupakan kajian tentang kehidupan kelompok manusia, dan kelompok terbesar yang dikaji adalah masyarakat. Fokus kajian sosiologi adalah sesuatu yang disebut sebagai sistem sosial. Sistem sosial sendiri mengandung dua unsur yaitu proses sosial dan struktur sosial (norma dan nilai sosial, lembaga sosial, stratifikasi sosial, dan kelompok sosial), kemudian masyarakat sebagai aktor dari kedua unsur itu.

“Dari satu masa ke masa berikutnya dalam sejarah, manusia sudah mampu membentuk sistem sosial yang besar dan luas. Hal ini harus menuntut suatu pegalaman praktis yang rumit dan njelimet dalam organisasi dan perencanaan sosial.” Dari pernyataan itu dapat dipahami bahwa perjalanan dan kehidupan masyarakat dari masa ke masa semakin kompleks dan sangat memungkinkan timbulnya perubahan sosial yang semakin kompleks pula, sehingga membutuhkan suatu pengaturan yang terorganisir untuk mengakomodasi permasalahan sosial yang akan timbul akibat adanya perkembangan zaman yang memunculkan suatu perubahan. Salah satu usaha yang diperlukan untuk mengatasi itu membuat sistem sosial kepentingan-kepentingan anggota masyarakat. Baca lebih lanjut

watch out!!! GLOBAL WARMING, MAKIN MENGANCAM.

Global warming adalah keadaan meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi Gas Rumah Kaca di atmosfer.  Suhu rata-rata global permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca.

Kemudian siapa yang akan menyangka bahwa global warming (pemanasan global) akan menjadi ancaman bagi kehidupan manusia di bumi? Saat ini, masalah pemanasan global tidak hanya menjadi masalah negara maju yang konon menjadi penyebab utama dalam proses pemanasan global karena akibat kegiatan indusrialisasi, tetapi juga menjadi masalah bagi seluruh masyarakat dunia.

Pemanasan global ini diiringi fenomena alam seperti perubahan iklim/ pergeseran musim dengan meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan belahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan karena kenaikan suhu. Fenomena ini sudah sangat dirasakan, terutama masyarakat Indonesia. Baca lebih lanjut

Teori tentang Agama (Emile Durkheim)

Teori tentang agama ini merupakan sumbangan pemikiran pamungkas Emile Durkeim yang dijabarkan dalam buku terakhirnya yaitu The Elementary Forms of Religious Life. Dalam teori ini Durkheim mengulas sifat-sifat, sumber bentuk-bentuk, akibat, dan variasi agama dari sudut pandang sosiologistis. Menurut Durkheim agama merupakan ”a unified system of belief and practices relative to sacret things”, dan selanjutnya “ that is to say, things set apart and forbidden – belief and practices which unite into one single moral community called church  all those who adhere to them.” Menurut Durkheim agama berasal dari masyarakat itu sendiri, dan masyarakat itu sendiri yang mengintepretasikan tentang Tuhan yang diyakini sesuai dengan idealismenya. Masyarakat selalu membedakan mengenai hal-hal yang dianggap sakral dan hal-hal yang dianggap profane atau duniawi. Dalam hal ini Durkheim tidak hanya berstatement menurut imajinasinya sendiri. Durkheim menyelami hakekat terdalam tentang agama ke masyarakat-masyarakat primitif di pedalaman Australia. Baca lebih lanjut

sepatu unik plus lucu

Siapa bilang berkreasi itu susah Banyak hal-hal yang bisa jadi sebuah kreasi, salah satunya adalah sepatu lukis. Sepatu ngga harus melulu polos dan kayak gitu-gitu aja. kamu bisa bikin sepatu kamu tampil beda dan lebih menarik.

Memang sekarang sepatu lukis sudah cukup ngetrend di kawasan djogja. Tapi coba lihat wilayah-wilayah lain!! Sepatu dengan motif unik seperti itu masih jarang banget. Kalaupun ada juga pasti harganya selangit, bahkan bisa mencapai Rp 200.000,-

Nah ini bisa jadi lahan berbisnis nih, buat kamu-kamu yang emang pengen mendapat penghasilan tambahan ya walaupun ngga banyak tapi kalian bisa sedikit mengurangi beban biaya.

selamat mencoba ^_^

Metamorfosis

ku tatap seluruh tubuhku di depan cermin…ku rasa perbedaan yang teramat jauh dariku antara aku yang dulu dan diriku yang sekarang. Ya..tentu saja,,,aku bukan seperti yang lima belas tahun lalu, aku tak seperti sepuluh tahun lalu, dan aku telah berbeda dengan yang kemarin.
Kini, aku adalah seorang gadis sembilas belas tahun, yang mulai mengkritisi tiap perbedaan dan tiap perubahan. Aku tak lain dengan seekor kepompong dan makhluk lainnya yang hidup dalam suatu daur hidup, METAMORFOSA.
Bahkan saat ini aku tengah bermetamorfosis, mengerti tentang rasa yang sulit dijelaskan secara logika. Tentang suara yang tiba-tiba muncul dan menggetarkan segenap nadi, dan semua itu adalah tentang HATI…